Rabu, 06 September 2017

Jazz Gunung Bromo 2017 (Part 1) - Nginep Di Luxury Tent Java Go Pagupon Bromo

Assalamualaikum.....

Tanggal 18 & 19 Agustus 2017 kemaren, saya sama bojo akhirnya bisa nonton Jazz Gunung Bromo 2017.. YEYYYYYYYY 😍😍😍😍😍😍😍

Sebenernya sih ngarep banget pengen nonton itu sudah sekitar 4 tahun sebelumnya, tapi adaaaaaaaa ajah yang bikin ngga bisa. Terutama sih karena budgetnya ngga cukup terus 😅😅 dan taun ini finally bisa ikutan, walaupun dengan budget yang pas-pasan haha.


Suasana di Jazz Gunung Bromo 2017

So.. apa sih Jazz Gunung Bromo 2017?
Pasti udah pada tau dong, JAZZ GUNUNG adalah pergelaran musik bertaraf internasional yang menampilkan komposisi jazz bernuansa etnik, digelar setiap tahun di daerah pegunungan. Para musisi tampil di panggung terbuka beratap langit dan berlatar alam yang indah dan suara sound systemnya itu keren banget, mungkin kalo ngga kedinginan, rasanya saya bisa lupa kalo lagi nonton konser dialam terbuka. 


PESAN TIKET JAZZ GUNUNG 2017, TRANSPORTASI & SEWA JEEP KE BROMO

Untuk pemesanan tiket, kalian bisa klik DISINI. Mereka menawarkan tiket konsernya saja dan/atau kita bisa ambil paket akomodasi termasuk tiket jazz gunung selama 2 hari. 

Hotel / Resort yang ditawarkan antara lain: 
  1. Jiwa Jawa Resort
  2. Java Go Pagupon
  3. Bromo Permai
  4. Cafe Lava.
Nah, karena cukup banyak hotel yang ditawarkan, kami jadi bingung mau ambil yang mana. Nyari-nyari review kesana kemari mengenai Jazz Gunung taun-taun sebelumnya juga masih kurang lengkap, maka di posting-an kali ini saya akan mencoba menggambarkan dan menjabarkan yang mudah-mudahan lengkap ya sesuai yang saya jalanin waktu disana.  

Awalnya kita pilih akomodasi di Jiwa Jawa Resort, tapi sayangnya sudah sold out 😓. 

Setelah melalui meeting dengan bojo yang cukup alot dan saling adu argumentasi akhirnya kami memutuskan beli paket akomodasi yang nginepnya di (yang katanya) Luxury Tent Java Go Pagupon dengan alasan pengen ngerasain tidur di tenda hahahaaa.
Luxury Tend di Java Go Pagupon ini biayanya Rp5.600.000,- untuk 2 orang, harga sudah termasuk:
  1. Penginapan type luxury tend
  2. Tiket konser selama 2 hari di VIP A
  3. Penjemputan dari Bandara Djuanda ke Bromo dan sebaliknya (Nah.. ini menjadi point yang oke buat kami karena kami ngga mau repot-repot ngurus masalah transportasi)
  4. Breakfast (walaupun pada saat check in kami baru diberi kabar bahwa untuk yang nginep ditenda ternyata tidak termasuk breakfast dengan alasan taun-taun sebelumnya seperti itu, kemudian setelah kami complaint karena di website dinyatakan bahwa harga sudah termasuk breakfast dan harga tidak jauh berbeda dengan yang bukan tenda, akhirnya dapet juga paket breakfast nya berupa kartu cashless Rehat Bromo Resto sebesar Rp.200.000 untuk 2 orang - 2 hari). 
Harga tidak termasuk:
  1. Tiket penerbangan atau kereta, bagian ini kita yang arrange sendiri, kudu dicatet kalo meeting point penjemputannya di Bandara Djuanda Surabaya
  2. Biaya jalan-jalan ke Kawah Bromo, seperti sewa jeep, tiket masuk, sewa kuda, ojek, dll.

Setelah urusan beli paket akomodasi dari wesite tadi udah kelar, kita dapet email konfirmasi pemesanan, invoice, dan penerimaan pembayaran kita. 

Lalu kamipun memesan tiket pesawat. Waktu itu kami cari yang paling murah dan dapetlah Mpok Citilink PP Jakarta - Surabaya - Jakarta kurang lebih Rp950.000,- per orang.

Urusan Mpok Citi udah selesai, saatnya saya cari-cari info untuk jalan-jalan ke kawah bromo. Saya cari di Instagram #sewajeepbromo dan dapatlah si Bapak dg penawaran terendah yang saya dapet yaitu Rp700.000,- termasuk bbm & driver saja, jadi belum termasuk biaya masuk kawasan bromo. 1 Jeep maksimal untuk 6 orang penumpang.

Beberapa hari kemudian, panitia kembali menghubungi kami lewat email mengenai konfirmasi kedatangan dan kepulangan kita untuk pengaturan penjemputan.

1 atau 2 minggu sebelum hari H, kami dapat email kembali mengenai Itinerary Paket Tur, tips & trik & tiket Jazz Gunung Bromo 2017. Dari pihak panitia pun menghubungi saya lewat WA untuk penjeputan.
  
DAAAAAN...sehari sebelum hari H, pas saya konfirmasi ulang ke Bapak sewa jeep, mereka baru ngabarin kalo mobil mereka ada trouble. So... saya harus cari jeep lain. Setelah cari-cari di IG lagi nemulah si Bapak dengan penawaran Rp850.000,- sudah all in bbm, driver, dan biaya masuk kawasan bromo. Kemahalan banget ngga sih, tapi karena bojo bawel hahaaaa saya confirm deh & janjian sama bapak jeep untuk penjemputan esok hari.


PERLENGKAPAN YANG WAJIB DIBAWA

Karena cuaca dingin, berikut barang-barang yang wajib dibawa:
  1. Jaket, Sweater, Long John, dan baju hangat sejenis
  2. Kupluk (topi)
  3. Kaos Kaki
  4. Syal
  5. Sarung Tangan
  6. Sepatu (bisa sepatu olahraga atau lebih baik lagi sepatu trekking / sepatu gunung)
  7. Jas ujan plastik
  8. Obat-obatan pribadi
  9. Lip Balm & Sunblock
  10. HP
  11. Uang Tunai (WAJIB, karena di venue & lingkungan sekitar ngga ada ATM)
  12. Kamera
Notes:
  • Cuaca ketika siang hari tidak terlalu dingin sih sekitar 27 derajat, tapi menjelang magrib - malam cuaca bisa sampai 16 - lebih dari 10 derajat. 
  • Ketika nonton dipanggung saya menggunakan Long John, kaos, sweater, jaket 1 & jaket 2, sarung tangan dan sepatu trekking
  • Lebih baik pakai sepatu trekking / sepatu gunung, atau kalo ngga ada bisa pake sepatu olahraga tapi pilih yang ber - sol karet atau ada gripnya yah biar ngga licin, terutama kalo mau jalan-jalan ke kawah bromo
  • Gunakan Lip Balm & Sunblock agar kulit tidak terbakar

KENAPA NGINEP DITENDA?

Beberapa tahun yang lalu, saya & bojo pernah nginep di Luxury Tent Tanakita Sukabumi, dan kami cukup puas dengan tenda & pelayanannya. 

Ketika saya lihat ada Luxury Tent juga di Java Go Pagupon, ekspektasi saya langsung mengarah mendapatkan pelayanan & tenda yang tidak jauh berbeda ketika saya di Tanakita heheeeeee.. padahal ngga bisa membandingkan B2B gitu sih. Dan ternyata benaaaar.... semuanya benar-benar beda 😂😂😂

REVIEW NGINEP DI LUXURY TENT JAVA GO PAGUPON

Tanggal 18 Agustus, setelah tiba di Java Go Pagupon kami ngga langsung dibawa ketenda karena belum ready & nunggu di Rehat Bromo Resto.  

Dengan kondisi kebelet pipis, saya nanya si Mbak resto dimana toiletnya. Letak toilet ada digedung sebelah tetapi toilet yang dimaksud merupakan toilet berbayar dan wajib menggunakan kartu cashless kaya di eat & eat yang bisa kita beli di Resto. Selain bisa kita gunakan untuk (ehem) ke toilet, kartunya juga wajib kita punya untuk bisa membeli makanan di resto tersebut. 

Nah, toilet ini bikin saya merasa W O W karena........ tarifnya sebagai berikut:
- Pipis --> Rp10.000 
- Mandi --> Rp25.000 untuk 15 menit. 
Saya ngga bisa motoin, karena ada security yang jaga 😂😂😂😂😂😂

Akhirnya dengan berat hati saya ngga jadi pipis disana, untung panitia yang dampingin kami ngasih tau kalo mau pipis ke Jiwa Jawa Resort aja, gratis! hahaaaaaaaa

Setelah menunggu sekitar 2 jam di resto, akhirnya kami bisa masuk tenda. Kami dapet tenda no.4.

Btw, Luxury Tent Java Go Pagupon ternyata lokasinya berada tepat di venue Jazz Gunung loh!!  😍😍😍😍😍

Jadi untuk masuk, kami harus mengenakan gelang registrasi jazz yang dibagikan sebelumnya sama panitia yang mendampingi kami, alias kami tidak registrasi ulang sendiri. Semuanya sudah di atur panitia. Alhamdulillahnya nih acara Jazz Gunungnya ngaret dan baru mau mulai.
Gelang Registrasi DAY2, Day 1 lupa dipoto 😊

Saya lihat lokasi tenda ada 3 area yang ber-undak-undak, yaitu: 

  1. Tenda no. 1, 2, 3 ada diatas, tepatnya dibelakang tempat duduk penonton tribun.  jalan menuju tenda-tenda berikutnya cukup jauh.
  2. Tenda no. 4, 5, 6 ada dibawah letaknya dekat toilet. Menuju ke tenda ini kami harus lewat gedung kamar2 resort yg letaknya persis dibawah panggung jazz gunung.
  3. Tenda no. 7 & 8 ada dibawahnya lagi.

 Cerita lengkap DAY 1 di postingan selanjutnya ya. 
 
Ini penampakan Bojo di tenda kami pas baru dateng

Didalam tenda sudah ada 2 buah kasur single, 2 buah bantal, 2 buah sleeping bag, 2 lembar handuk, perlengkapan mandi, dan 2 botol air mineral. Tapi sayangnya, mereka tidak menambahkan alas lagi dibawah kasur. Padahal nih menurut saya, kalo dikasih alas lagi akan menjadi lebih bagus dan hangat. Luxury nya bisa dapet deeeeh 😋

Berikut foto-foto view dari tenda kami menuju panggung / venue jazz gunung. Tapi maaf ya miring-miring, padahal di properties memory saya sudah di edit & di rotate, tapi pas upload teteup kembali ke awal lagi 😴😳😳😳😳😳🙏🙏🙏🙏


View kiri, Tenda No.6 dan jalan masuk kawasan tenda kami
Kapal miring kapten... ini gimana sih caranya buat benerin posisi.. di properties udah di rotate, pas disini hasilnya teteup miring 😂
Tangga menuju venue jazz gunung dari Tenda kami


Tenda No. 7 & 8 letaknya dibawah kami
Tangga menuju venue jazz gunung dari Tenda kami

Tangga menuju venue jazz gunung dari Tenda kami, ada tempat api unggunnya loh 😍

Tangga menuju venue jazz gunung dari Tenda kami
Tangga menuju venue jazz gunung dari Tenda kami

Tangga menuju venue jazz gunung dari Tenda kami

Tangga menuju venue jazz gunung dari Tenda kami

Nyampe deh di venue  jazz gunungnya 😍, tembok ijo ini kamar-kamar resort Java Go Paguponnya
Tangga menuju tempat duduk kami di VIP A
Tangga menuju tempat duduk kami di VIP A

Ini sebenernya ngantuuuuuuuk berat





View dari tempat duduk kami Day1
View dari tempat duduk kami Day 2
TOILETNYA BERSIH NGGA YAH? 

View Kanan, Bangunan toilet & kamar mandi tepat disamping Tenda kami
Toilet & kamar mandi


Bangunan ini terdiri dari 2 toilet & 1 kamar mandi untuk wanita, serta 2 toilet & 1 kamar mandi untuk laki-laki. Selain itu ada 1 washtafel & 2 kran untuk wudhu disamping washtafel.

Kamar mandi & toiletnya cukup bersih untuk ukuran kamar mandi luar di daerah pegunungan, lengkap dengan sabun & shampoo. Tapi sayang, begitu hari kedua air ditoilet tidak keluar dan saya sempat terjebak didalem toilet. Untungnya saat itu saya bawa hp dan bisa nelp bojo untuk bawain air mineral dari tenda 😢😣😤😡😥

Walaupun begitu, jika bicara tentang kamar mandi nih.. kami merasa lebih "beruntung" karena ternyata type kamar di resort Java Go Pagupon ngga semuanya ada kamar mandi dalem, jadi untuk ketoilet mereka harus ke toilet yg ada dideket tenda kami. Begitu pula dengan tenda2 selain 3, 4, 5 Kalo mau kekamar mandi ya ke situ juga.

Menurut saya, Kami sudah tepat deh milih paket akomodasi Java go pagupon type tenda. Alasannya adalah:
  1. Berada di area Venue Jazz Gunung, jadi ketika para musisi masih GR kami udah bisa nonton bahkan denger dari tenda pas mereka latihan. 
  2. Kalo lelah ditengah acara, saya balik ketenda, leyeh-leyeh sambil tetep denger musisi yang lagi perform dengan jelas
  3. Ngga perlu naik kendaraan lagi atau jalan kaki melewati keramaian untuk masuk ke Venue 
  4. Kamar mandi & toilet berada tepat disamping tenda kami, jadi ketika liat banyak yang antri kami bisa leyeh-leyeh dulu di tenda sambil nunggu atau pas sepi bisa langsung masuk. Tapi ngga tau ya rasanya kalo dapet tenda di area atas atau bawah 😁. At least ngga akan ngeluh kamar mandi diluar seperti temen-temen yang nginep di kamar hotel / resort Java Go Pagupon yang ngga ada kamar mandi dalemnya 🙌 
  5. Walaupun banyak yang lewat untuk masuk toilet, keamanannya di area kami relatif aman karena tendanya dikasih gembok. Yang lewat itupun orang-orang yang nginep di tempat yang sama. Untuk penonton lain yang ngga nginep di sana, ada toilet umum yang letaknya dekat pintu masuk Venue disisi lainnya dan GRATIS! 😂

Selain yang positif-positif diatas, ada juga nih yang kurang menurut saya:
  1. Ngga ada alas dibawah kasur. Selain luxury nya ngga dapet, embun atau air dari tanah menambah dingin buat kami.  
  2. Air di toilet mati di hari kedua & tidak boleh menggunakan toilet umum yang saya sebut diatas oleh OB dengan alasan sudah dibersihkan.
  3. Setelah complaint, kami baru dapet breakfast. 

Kalo ditanya apakah jika tahun depan ada kesempatan lagi untuk nonton & nginep disana, saya akan tetep milih nginep di tenda. Eh tapi kalo Jiwa jawa Resort masih available mau nyobain sih ambil paket yang itu 😂.

Sekian dulu ya review dari saya. Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan buat nginep di acara Jazz Gunung Bromo 2018 nanti. Tahun dapan itu, 10 kalinya  alias 1 dekade acara ini loh. Bocorannya taun depan akan digelar 3 hari dengan musisi-musisi yang lebih banyak dan cetar!!

Siapa aja ya yang bakal perform... 😍😍😍 mari kita tunggu..........

Yuk bojo nabung buat tahun depan. Semoga masih bisa diberikan kesempatan nonton lagi 🙏🙏🙏😇

Cerita Day 1 & Day 2 di postingan selanjutnya ya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar